
Fungsi Branding dalam Bisnis | Pernahkah Anda mendengar tentang branding? Istilah branding sudah tidak asing dalam dunia bisnis karena memiliki pengaruh yang besar dalam menarik perhatian calon konsumen. Jika Anda ingin memahami lebih dalam tentang branding, simak artikel berikut ini.
Menurut Kotler (2009), branding merupakan nama, istilah, tanda, simbol, rancangan atau kombinasi dari semuanya yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa atau kelompok penjual dengan untuk membedakannya dari barang atau jasa pesaing. Namun, dalam perkembangannya, pengertian branding berkembang sebagai kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan perusahaan dalam rangka proses membangun dan membesarkan brand (merek). branding bisa dimaknai juga sebagai suatu proses penciptaan atau peninggalan tanda jejak tertentu dalam benak dan hati konsumen dengan melakukan berbagai macam cara dan strategi komunikasi sehingga bisa menciptakan makna dan perasaan khusus dan memberikan dampak bagi kehidupan konsumen.
Fungsi Branding dalam Dunia Bisnis
Aktivitas branding sangat dibutuhkan dalam menjalankan suatu bisnis perusahaan. Ada banyak fungsi branding dalam suatu bisnis, antara lain:
1. Sebagai Pembeda atau Identitas Khas
Fungsi pertama dalam branding dalam suatu bisnis tidak lain adalah untuk membedakan brand atau merek bisnis satu perusahaan dengan merek perusahaan lainnya. Setiap perusahaan atau produk baik barang dan jasa harus memiliki brand yang kuat agar konsumen mudah membedakannya.
Dengan branding, konsumen lebih bisa mengenali suatu produk atau perusahaan dengan ciri khas yang selalu diingat dalam benak konsumen. Logo dan jargon merupakan hal yang sangat melekat dan mudah diingat oleh konsumen sebagai hasil dari proses branding. Logo merupakan wajah sebuah merk dimana dalam menciptakannya diperlukan gaya warna, tulisan, dan bentuk yang dapat membekas dalam pikiran target pasar sasaran. Sedangkan jargon merupakan tutur kata yang membuat logo lebih hidup dan bermakna. Dengan jargon tersebut, akan membuat pasar sasaran atau konsumen memahami nilai dan hal-hal yang ingin ditawarkan.
2. Sebagai Media Promosi dan Daya Tarik
Dengan melakukan branding, suatu produk yang memiliki brand kuat dan terkenal akan menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak konsumen. Produk akan lebih mudah untuk dipromosikan secara berkelanjutan kepada masyarakat atau konsumen sasaran.
Untuk menampilkan citra merek bisa dengan berbagai media seperti pamflet, billboard, iklan di televisi, majalah dan surat kabar, serta media digital seperti website bisa membuat brand menjadi lebih dikenal masyarakat luas, tidak hanya nasional bisa skala internasional.
3. Membangun Citra Positif Perusahaan
Produk barang atau jasa yang telah dikenal brandnya dengan baik di masyarakat dan disukai oleh masyarakat tentunya akan berimplikasi positif terhadap citra perusahaan pembuatnya. Hal tersebut akan memberikan efek positif pula untuk kemajuan perusahaan baik dalam pengembangan produk selanjutnya ataupun menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait yang menguntungkan.
4. Mempengaruhi Psikologi Konsumen
Fungsi branding juga bisa memberikan efek jangka panjang dan ketahanan branding yakni dari segi kemampuan branding dalam bisnis bisa mempengaruhi psikologi konsumen. Brand produk yang sudah kuat akan membuat konsumen selalu percaya dan akan menjadi pelanggan loyal (brand loyalty).
Manfaat Branding
Menciptkan nilai bagi pelanggan bukanlah semata-mata dihasilkan dari nama merek atau brand saja. Hal tersebut juga hasil dari aktivitas pemasaran dan komunikasi yang dilakukan perusahaan. Konsumen pada umumnya tidak hanya membeli nama merek tapi yang mereka beli adalah produk bermerek yang menjanjikan dan telah memenuhi manfaat tangible dan intangible spesifik melalui upaya pemasaran dan perusahaan. Merek pun mampu membentuk serangkaian asosiasi, persepsi kualitas dan diferensiasi unik dimana hal tersebut terbentuk dan terpelihara dengan sejumlah taktik pemasaran terintegrasi yang dilakukan terus menerus.
Manfaat tangible, dimana merek memiliki beberapa elemen atau identitas tangible seperti nama merek, simbol, slogan, desain grafis, dan sebagainya. Sedangkan intangible seperti nilai simbolis, ikatan khusus, kepribadian, citra diri, dan seterusnya.
Jenis-Jenis Layanan Jasa Branding di Surabaya
Berikut ini beberapa jenis branding yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari dan advertisingsurabaya.id siap melayani berbagai jenis branding berikut ini:
1. Product Branding
Product branding adalah usaha yang dilakukan suatu perusahaa untuk mengenal dan membangun citra positif tentang produk yang dijual. Dengan product branding ini mampu mendorong konsumen untuk membeli produk dan bahkan menolak produk lain dari kompetitor.
2. Corporate Branding
Corporate Branding adalah usaha untuk membangun citra positif suatu perusahaan baik dari segi produk atau jasa yang ditawarkan hingga kontribusi tiap karyawannya di mata masyarakat. Adapun hal-hal yang ditawarkan dalam branding perusahaan antara lain; logo, visi misi perusahaan, website, iklan, pemasaran, kredibilitas sdm, dan pelayanan. Reputasi perusahaan terbangun dengan baik menggunakan corporate branding ini.
3. Personal Branding
Personal branding adalah usaha yang dilakukan para profesional atau kalangan public figur yang ingin membangun citra positif mereka baik dari segi karya, kemampuan, status atau profil, dan lainnya. Usaha personal branding ini biasanya dilakukan oleh seorang artis, musisi, politisi, akademisi, trainer, motivator, pengusaha, dan lainnya.
4. Destination Branding
Destination branding adalah usaha untuk mengenalkan produk atau jasa yang ada pada lokasi atau wilayah tertentu.
5. Cultural Branding
Cultural branding adalah usaha untuk memberikan identitas atau merek yang disesuaikan dengan keadaan reputasi, budaya, kebiasaan suatu bangsa, lokasi atau orang-orang dari daerah tertentu.
Advertising Surabaya
Advertising Surabaya merupakan perusahaan jasa advertising yang melayani jasa pembuatan branding untuk berbagai kepentingan Anda. Kami telah memiliki banyak pengalaman melayani perusahaan-perusahaan produk barang ataupun jasa di Surabaya dan sekitarnya. Ada banyak sekali permintaan layanan advertising untuk mendukung pencapaian target dan penjualan setiap perusahaan.
Keuntungan Memilih Jasa Advertising Surabaya
Berikut ini adalah keunggulan jasa advertisingsurabaya.id bila dibandingkan dengan jasa lainnya, yaitu:
1. Layanan Advertising Lengkap
Advertising Surabaya siap melayani semua jenis pembuatan media iklan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami melayani beragam iklan di berbagai media seperti billboard, videotron, tv commercial, offset printing, hotel supplies, dan lainnya. Tidak hanya itu, tim pun siap mengerjakan proses branding untuk membesarkan brand usaha hingga brand Anda dapat disukai dan melekat dibenak masyarakat ataupun konsumen produk jasa Anda.
2. Profesional dan Berpengalaman
Kami merupakan perusahaan jasa periklanan yang sudah professional dan berpengalaman dalam melayani pembuatan iklan baik untuk perusahaan nasional maupun internasional. Telah ada beberapa divisi periklanan yang terbentuk diantaranya adalah indoor advertising dan outdoor advertising termasuk billboard, souvenir premium, corporate gift, company branding, hotel supplies, offset printing, signage, LED display, iklan TV, video profil, dan lain sebagainya.
3. Beban Konsultasi Layanan
Bagi Anda yang masih bingung menemukan media iklan yang tepat sesuai dengan karakteristik produk atau jasa yang dimiliki serta budget, silakan konsultasikan dengan tim terbaik dari advertisingsurabaya.id. Anda bebas berkonsultasi apa saja terkait rencana iklan usaha Anda, tidak perlu sungkan tanyakan saja sebanyak-banyaknya.
4. Harga Bisa Nego
Banyak orang yang khawatir menggunakan media iklan untuk mempromosikan produk atau jasa yang dimiliki. Kekhawatiran tersebut dikarenakan masalah biaya yang dianggap terlalu tinggi. Padahal jikalau dikonversikan dengan hasilnya, justru dengan biaya iklan yang dikeluarkan tersebut, jumlah closing atau penjualan jauh lebih tinggi dan mendatangkan keuntungan lebih banyak. Tapi, hal tersebut harus dilakukan dengan teknik beriklan yang tepat dan dilakukan oleh ahlinya. Buat Anda yang takut beriklan, hilangkan mindset tersebut, karena iklan sudah menjadi gaya penjualan saat ini. Dan menariknya, Anda bisa melakukan nego harga atau biaya untuk penggunaan media iklan tertentu jika memilih Advertisingsurabaya.id. Menarik bukan?
Layanan jasa branding Advertising Surabaya
Untuk Anda yang sedang membutuhkan jasa branding, silakan hubungi Admin perusahaan jasa advertising terlengkap dan terpercaya di kota anda. Advertisingsurabaya.id sebagai perusahaan jasa advertising terlengkap dan terpercaya di Surabaya memiliki wilayah jangkauan layanan yang luas. Kami melayani jasa branding di wilayah Jawa Timur, seperti Kota Surabya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Mojokerto, Malang, Batu, Bojonegoro, Kediri, Bangkalan, Sumenep, Pamekasan, Jember, Banyuwangi, dan lainnya. Kami juga melayani seluruh wilayah di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Bali dan Nusa Tenggara.