
Advertising merupakan salah satu cara ampuh yang dilakukan oleh para pengusaha atau penjual produk tertentu agar mendapatkan banyak pembeli. Ada perbedaan hasil yang signifikan antara pengusaha yang menggunakan advertising dengan yang tidak menggunakan advertising sebagai strategi penjualan. Berikut ini pengertian dan manfaat advertising dalam dunia bisnis.
Pengertian Advertising
Advertising atau periklanan dalam bahasa Indonesia merupakan aktifitas yang dilakukan untuk mempengaruhi orang lain dengan membuat konten-konten atau pesan secara persuasif melalui media massa agar orang atau pasar sasaran mau membeli produk barang atau jasa yang sedang dijual. Tujuan akhir dari periklanan adalah mendapatkan customer atau pembeli sebanyak-banyak hingga meningkatkan penjualan dan keuntungan bagi perusahaan.
Diperlukan kreatifitas yang tinggi untuk bisa menghadirkan konten atau pesan menarik beserta desain-desain yang menggugah hati konsumen. Sehingga aktifitas advertising dimulai dari perencanaan hingga penerapan pembuatan media advertising dan menyebarkannya ke konsumen secara berulang dan mendapatkan respon konsumen sesuai yang ditargetkan. Saat ini media advertising sangatlah luas. Ada media advertising offline seperti reklame, pamflet, banner, videotron, signage, dan sejenisnya serta saat ini sudah hadir media advertising online seperti google ads, youtube ads, instagram ads, facebook ads, dan lainnya.
Baca juga: Jasa Pembuatan Videotron Surabaya
5 Manfaat Advertising
Berikut ini merupakan beberapa manfaat advertising, khususnya dalam membangun kesuksesan bisnis atau usaha.
1. Memberikan Informasi
Melakukan advertising atau beriklan merupakan cara yang banyak digunakan untuk membagikan informasi mengenai produk yang dijual kepada masyarakat atau pasar sasaran. Dengan informasi tersebut, produk menjadi dikenal baik dari segi kegunaan, keunggulan atau kualitas, harga produk, cara kerjanya, dan lain sebagainya.
Bagi produk baru yang belum dikenal sama sekali oleh masyarakat, kegiatan iklan menjadi hal yang sangat penting. Dengan iklan, orang akan semakin aware atau mengetahui adanya produk baru, perusahaan baru, bahkan dengan keunggulannya dibandingkan produk sejenis lainnya.
2. Membangun Branding atau Citra Positif
Dengan melakukan iklan produk, Anda memiliki kesempatan untuk membangun kekuatan nilai produk Anda. Semakin dikenal dan terkenal produk Anda maka semakin melekat di benak konsumen. Anda tentu sangat tahu brand Aqua yang sangat dikenal melekat sebagai air mineral pertama pilihan konsumen Indonesia atau brand Indomie yang sangat melekat sebagai brand mie instan terenak di Indonesia. Itulah manfaat melakukan iklan, yakni membangun citra positif di benak konsumen.
Baca juga: Jasa Branding Surabaya
3. Mempengaruhi Calon Pembeli
Ketika hasil iklan sudah memiliki kesan positif di benak calon konsumen, secara tidak langsung akan mempengaruhi calon konsumen untuk melakukan pembelian produk. Calon konsumen akan membanding-bandingkan satu produk dengan produk lainnya dari segi keunggulannya masing-masing.
Semakin dikenal kelebihan produk oleh konsumen maka semakin potensial mempengaruhi perilaku konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Untuk itu, iklan dibuat semenarik mungkin baik dari segi kontennya, desainnya, dan intensitasnya agar bisa mempengaruhi dan menggerakkan hati konsumen.
4. Mengurangi Risiko Penurunan Penjualan
Semakin dikenal suatu produk, semakin diketahui keunggulannya dan mempengaruhi calon konsumen untuk melakukan pembelian. Meningkatnya pembelian tentunya meningkatkan hasil penjualan dan keuntungan bisnis. Pebisnis atau pemilik usaha yang beriklan pada umumnya sukses meningkatkan penjualannya.
5. Menambah Nilai Suatu produk (Positioning)
Ada manfaat lebih bagi iklan yang efektif dan menarik yakni adanya nilai tambah terhadap produk atau brand tertentu sehingga dipersepsikan istimewa, mewah, modern, bergengsi, dan lainnya dibandingkan dengan produk lain.
Produk akan dianggap lebih memecahkan masalah, memenuhi keinginan dan kebutuhan pembeli dibandingkan dengan produk pesaing. Dengan demikian, dengan beriklan juga berpotensi membuat konsumen bisa berpindah membeli dan berlangganan produk Anda dibandingkan dengan produk pesaing. Semakin bersaing produk Anda maka semakin terbuka peluang pengembangan bisnis Anda.
Baca juga: Jasa Advertising Murah Surabaya
Itulah beberapa manfaat dari kegiatan advertising. Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa advertising merupakan aktifitas yang penting dalam usaha penjualan produk baik barang ataupun jasa. Tujuan utama dari kegiatan advertising adalah meningkatkan penjualan sebanyak-banyaknya. Dengan hasil penjualan yang meningkat, tentunya keuntungan perusahaan pun akan meningkat terus sehingga mampu bertahan lama (suistanable).
Bagi Anda yang membutuhkan jasa advertising profesional, langsung hubungi admin advertisingsurabaya.id untuk mendapatkan layanan advertising lengkap, murah dan tentunya menghasilkan keuntungan bisnis Anda. Advertising Surabaya merupakan perusahaan yang melayani jasa pembuatan berbagai jenis advertising untuk kebutuhan pemasaran. Kami menerima pemesanan jasa untuk daerah Surabaya dan sekitar wilayah Jawa Timur.