tujuan advertising

Kenapa perlu melakukan advertising? Seberapa pentingkah advertising dalam dunia bisnis? Mungkin Anda masih memiliki pertanyaan-pertanyaan tersebut. Berikut ini ulasan mengenai pengertian advertising dan tujuan advertising. Semoga bermanfaat.

Pengertian Advertising

Advertising atau periklanan dalam bahasa Indonesia merupakan aktifitas yang dilakukan untuk mempengaruhi orang lain dengan membuat konten-konten atau pesan secara persuasif melalui media massa agar orang atau pasar sasaran mau membeli produk barang atau jasa yang sedang dijual. Tujuan akhir dari periklanan adalah mendapatkan customer atau pembeli sebanyak-banyak hingga meningkatkan penjualan dan keuntungan bagi perusahaan.

Diperlukan kreatifitas yang tinggi untuk bisa menghadirkan konten atau pesan menarik beserta desain-desain yang menggugah hati konsumen. Sehingga aktifitas advertising dimulai dari perencanaan hingga penerapan pembuatan media advertising dan menyebarkannya ke konsumen secara berulang dan mendapatkan respon konsumen sesuai yang ditargetkan.

Saat ini media advertising sangatlah luas. Jika dulu, media advertising hanya media offline seperti selebaran, reklame, pamflet, banner, videotron, dan sejenisnya, saat ini sudah hadir media advertising online. Media sosial merupakan salah media advertising yang berkembang saat ini. Banyak perusahaan atau pemilik bisnis menggabungkan media advertising offline dan online, bahkan ada yang beralih hanya ke online saja.

Tujuan Advertising

Berdasarkan pengertian diatas diketahui bahwa tujuan akhir dari advertising adalah meningkatkan penjualan produk hingga mendapatkan keuntungan sesuai yang ditargetkan. Namun, untuk mendapatkan tujuan akhir tersebut, ada beberapa tujuan lain dari kegiatan advertising yang biasanya juga disebut sebagai tujuan tahapan, antara lain;

1. Mengenalkan atau Memberi Informasi Produk

Dengan advertising, orang yang belum tahu tentang produk baik dari manfaat atau kegunaan produk dan keunggulan produk akan menjadi tahu dan kenal. Contohnya ketika anda berjualan produk handphone x, dengan advertising akan membuat orang lain kenal ada handphone merek x, fitur-fitur handphone merek x, fungsi dan keunggulan handphone merek x dan lainnya.

2. Menarik Orang Membeli Produk

Tujuan selanjutnya setelah orang lain mengenal produk adalah tertarik untuk membelinya. Dalam hal ini dibutuhkan konten-konten yang mendorong calon konsumen segera membeli. Biasanya konten diiringi dengan informasi pendorong seperti promo terbatas, diskon 50%, stok terbatas, dan sejenisnya.

3. Mengajak Konsumen Berlangganan Terus

Tujuan yang diinginkan setiap perusahaan agar bertahan terus adalah mendapatkan customer loyal atau pelanggan loyal yang tak bosan-bosan untuk membeli produk. Dengan pelanggan loyal inilah keuntungan perusahaan akan semakin meningkat terus. Mereka yang loyal pasti akan membeli lagi bahkan merekomendasikan ke banyak orang lainnya untuk membeli produk Anda.

Untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, selain pembuatan produk baru juga dengan strategi periklanan. Dimana membuat orang semakin cinta dan bangga karena menjadi pengguna atau customer produk Anda.

Kesimpulan

Itulah tujuan dan manfaat dari advertising. Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa advertising merupakan aktifitas yang penting dalam usaha penjualan produk baik barang ataupun jasa. Tujuan utama dari kegiatan advertising adalah meningkatkan penjualan sebanyak-banyaknya. Dengan hasil penjualan yang meningkat, tentunya keuntungan perusahaan pun akan meningkat terus sehingga mampu bertahan lama (suistanable).

Bagi Anda yang membutuhkan jasa advertising profesional, langsung hubungi admin advertisingsurabaya.id untuk mendapatkan layanan advertising lengkap, murah dan tentunya menghasilkan keuntungan bisnis Anda.