fungsi advertising

Advertising merupakan kegiatan yang tak asing lagi bagi dunia penjualan produk baik barang maupun jasa. Hampir semua jenis usaha menggunakan advertising untuk mensukseskan kegiatan jual beli produk mereka. Apa saja fungsi dari kegiatan advertising atau periklanan? Simak berikut ini.

Pengertian Advertising

Advertising atau periklanan adalah suatu penyajian komunikasi tentang ide mengenai produk barang atau jasa pada calon konsumen dengan menggunakan media tertentu baik berupa tulisan maupun simbol. Ide atau pesan terkait produk yang disampaikan bersifat persuasif untuk mempromosikan produk sehingga mempengaruhi calon konsumen agar mereka membeli produk tersebut.

Dalam melakukan advertising dibutuhkan konsep ide yang bagus dan kreatif. Tidak hanya itu juga dibutuhkan keputusan yang tepat dalam pemilihan penempatan iklan serta media percetakan yang digunakan. Ada beragam jenis media advertising baik media cetak, media televisi, radio, hingga platform media online saat ini.

Fungsi atau Kegunaan dari Advertising

Ada banyak kegunaan atau fungsi dari kegiatan advertising baik bagi produsen maupun konsumen. Berikut ini beberapa diantaranya, yakni;

1. Sumber Informasi bagi Konsumen

Fungsi utama dari periklanan yang pasti adalah sebagai sumber informasi mengenai produk. Disini, konsumen bisa mengetahui keunggulan dari setiap produk yang diiklankan. Bisa membandingkan dan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Semakin jelas iklan dan semakin menarik memberikan kemungkinan besar bagi konsumen untuk tertarik pada produk yang diiklankan oleh pengiklan. Biasanya informasi yang dibagikan tentang produk seperti fitur, fungsi, manfaat, keunggulan, distribusi atau tempat pembelian dan berbagai informasi lainnya yang menarik konsumen.

2. Mendukung Kegiatan Perekonomian

Periklanan dapat membantu produsen untuk survive dan bertahan terus melakukan kegiatan jual beli atau perdagangan barang atau jasa yang dijualnya. Semakin sukses periklanan bisa meningkatkan jumlah order dan pembelian produk, sehingga produksi bisa berjalan terus. Dengan demikian kegiatan perekonomian di masyarakat akan terus bertumbuh.

Baca juga: Jasa Branding Surabaya

3. Sumber Dana untuk Media

Media merupakan sumber informasi yang memberitakan beragam hal pada masyarakat, salah satunya tentang produk atau jasa suatu perusahaan. Dengan adanya iklan melalui media massa tentunya bisa menjadi sumber pemasukan media dan mempertahankan eksistensi media massa.

4. Pembagi Beban Biaya Produksi dengan Distribusi

Dengan adanya periklanan suatu biaya produksi dan distribusi suatu produk bisa lebih rendah. Hal tersebut karena adanya peningkatan penjualan dari hasil iklan yang dibuat. Semakin tingginya pembelian maka harga suatu produk atau jasa bisa menjadi lebih murah atau rendah.

5. Sebagai Identitas Pembuat Produk

Adanya iklan suatu produk tak jarang ditonjolkan pula perusahaan pembuat produknya. Hal tersebut tidak lain untuk mengenalkan bahwa produk yang disukai konsumen merupakan produksi suatu perusahaan tertentu. Secara tak langsung, perusahaan juga mengenalkan brand perusahaannya pada khalayak masyarakat.

6. Sebagai Sarana Kontrol Kualitas Produk

Dengan adanya iklan yang ditampilkan di berbagai media akan memudahkan masyarakat atau calon konsumen untuk membedakan produk-produk yang asli dan palsu atau tiruan.

Baca juga: Jasa Advertising Terlengkap di Surabaya

Itulah beragam fungsi dari advertising atau periklanan baik untuk produsen, pengiklan, hingga konsumen. Dalam dunia pemasaran, iklan merupakan salah satu strategi penjualan yang mutlak dan harus dilakukan untuk meningkatkan jumlah pembelian produk atau jasa tertentu. Hasil penjualan dari beriklan dengan tidak sangat berbeda jauh.

Namun, dalam beriklan, diperlukan perencanaan yang kuat, baik terkait pemilihan media iklan, perancangan pesan yang tepat, penetapan waktu beriklan hingga penyesuaian dengan sumber daya pengiklan. Tak jarang, banyak perusahaan menggunakan jasa advertising atau jasa pengiklan untuk mensukseskan target iklan produk. Hal tersebut tidak lain jasa advertising dianggap lebih berpengalaman dan sudah memahami berbagai dinamika beriklan.

Jasa Advertising Profesional dan Terpercaya di Surabaya

Buat Anda yang ingin mengiklankan produk barang atau jasa dan membutuhkan bantuan jasa advertising, silakan langsung hubungi admin advertisingsurabaya.id. Tersedia berbagai pilihan media advertising yang sesuai dengan karakteristik produk anda serta tentunya kapasitas sumber daya iklan Anda.

Dengan pengalaman tim advertising, dapatkan hasil iklan yang memuaskan dan mampu mencapai target periklanan usaha Anda. Tak perlu khawatir mengenai budget, karena Anda bisa memilih sendiri media iklan yang sesuai dengan budget Anda dan tentunya tetap menghasilkan. Silakan dicoba.